Pages

Aplikasi edit multimedia

Jumat, 30 September 2016

Mengenal lebih jauh tentang
Adobe After Effects dan Jet Audio




Adobe After Effects adalah salah satu software compositing yang populer dan telah digunakan secara luas dalam pembuatan video, multimedia, film dan web. After Effects terutama dipakai dalam penambahan efek khusus seperti efek petir, hujan, salju, ledakan bom, dan efek khusus lainnya. After Effects telah membantu para praktisi perfilman Hollywood dalam menghasilkan film-film dengan efek khusus yang spektakuler. Hal ini dikarenakan After Effect didukung dengan fitur-fitur yang lebih lengkap serta terdapat juga tools panel yang memberikan banyak kemudahan untuk berimprovisasi.

Beberapa fitur yang terdapat di adobe after effects diantaranya :

* Preset yaitu ukurang yang akan digunakan pada project anda (kalau anda memilih preset maka akan mempengaruhi “Width And Height” secara otomatis akan muncul sesuai yang anda pilih) misalnya anda mau membuat project untuk tune telivisi atau periklanan telivisi maka anda harus menggunakan (PAL D1/DV Square Pix, 768 x 576), apabila untuk pembelajaran dapat menggunakan ukuran (Medium, 320 x 240) Pixel Aspect Ratio gunakan “Square Pixels”.

* Frame Rate yaitu perhitungan frame per second artinya misalnya anda menggunakan 30 FPS jadi anda dalam satu detik menggunakan 30 gambar, tapi standar Televisi Indonesia menggunakan 25 FPS. Jepang juga menggunakan 25 FPS untuk pembuatan film kartun.

* Resolution yaitu untuk menentukan hasil gambar yang akan dibuat nantinya, didalamnya terdapat berbagai pilihan diantaranya, Full, Half, Third, Quarter, dan Custom. Ini juga mempengaruhi besar kecilnya RAM. Apabila kita menggunakan RAM yang standar misalnya 128 maka kita dapat memilih resolution “Full” tapi dengan catatan tidak menggunakan image yang banyak, karena dapat menambah berat ketika pengerjaan.

* Start Time Code yaitu jika anda mengakses project dengan menulis 0.00.01.00, maka pembuatan project anda akan mulai pada menit ke 1.

* Duration yaitu untuk menentukan akhir waktu project yang dikerjakan (perlu diketahui dalam suatu periklanan 1 detik saja adalah uang maka harus berhati-hati dalam memperhitungkan ini, jika perusahaan televisi meminta untuk membuatkan project 15 detik maka anda harus membuatnya tepat 15 detik, tidak boleh lebih atau kurang)

* Anchor Point untuk menggeser image tetapi tidak berjalan.

* Position untuk menggeser dari arah samping kanan atau kiri atau juga bisa dari atas kebawah.

* Scala yaitu untuk mengecilkan atau memperbesar image

* Rotation yaitu untuk membuat image berputar

* Opacity yaitu untuk mengatur image menjadi transparan

Beberapa tools panel yang ada di adobe after effect diantaranya :

Gambar Toolbar

Di Sudut Kiri Atas terdapat Tools Panel atau biasa disebut Toolbar. Toolbar ini berfungsi sebagai tempat alat-alat untuk memberi kemudahan bagi kita dalam mengedit video. Anda bisa mengklik pada segitiga kecil untuk mengeluarkan fitur tersembunyi yang lain.

* Selection tool Difungsikan untuk memilih, menggeser serta menggulung layer bar yang ada di Timeline panel.

* Hand tool Untuk menggeser area panel yang tersembunyi pada saat diperbesar melebihi ukuran panel.

* Zoom Berfungsi untuk memperbesar atau memperkecil tampilan dokumen pada lembar kerja Anda.

* Rotation tool Sebagai pemutar untuk merubah rotasi dari objek.

* Camera tool Tools ini hanya dapat digunakan pada layer camera saja. Berfungsi untuk merotasikan kamera secara bebas.

* Pan Behind (Anchor Point) Berfungsi untuk memindahkan titik tumpuan dari sebuah objek.

* Mask and Shape tool Digunakan untuk membuat shape (persegi, lingkaran, bintang, dll) serta untuk membuat masking dengan cara double klik pada shape yang di inginkan.

* Pen dan Draw tool Tool yang dapat digunakan untuk membuat dan menggambar objek secara bebas.

* Type tool Digunakan untuk membuat sebuah teks pada composition panel baik itu secara horizontal maupun vertical.

* Brush Digunakan untuk menggoreskan sebuah warna pada layer yang di Anda inginkan.

* Clone Stamp Berfungsi untuk menyalin sebuah gambar dari layer satu ke layer yang lain.
* Eraser tool Digunakan untuk menghapus isi dari sebuah layer.

* Roto Brush tool Tool ini biasa digunakan untuk mengisolasi sebuah objek yang di inginkan.

* Puppet tool Untuk membuat titik tumpuan pada sebuah gambar yang akan di animasikan.






Jet Audio adalah program player multifungsi,bias dipakai untuk CD audio, MP3, VCD, DVD, hingga MIDI. Aplikasi ini saat dijalankan maka akan memiliki tampilan yang berbeda dari kebanyakan aplikasi sejenis, tampilan utamanya berupa Bar yang akan berada diatas Taskbar Windows. Sehingga saat anda menjalankan Jet Audio sambil mengerjakan pekerjaan lain, misalkan mengetik, maka anda akan tetap dapat memonitor dan mengatur Jet Audio, tanpa harus meminimize atau menutupi teks editor anda.

Fitur lain yang menarik yang dimiliki Jet Audio adalah saat perpindahan dari satu file multimedia ke file multimedia selanjutnya Di setiap akhir file, suara akan semakin mengecil, sedangkan di awal file suara akan semakin membesar, sehingga perpindahan yang terjadi akan lebih terasa.

Jet Audio secara otomatis akan berada pada System Tray, tidak seperti kebanyakan multimedia player lain yang berada di Taskbar, dan harus diatur terlebih dahulu agar berada di System Tray. Selain itu, setiap jetAudio menjalankan suatu file multimedia, maka akan muncul jendela kecil dari icon jetAudio di System Tray yang berisi informasi file multimedia yang dijalankan, kemudian jendela ini akan tertutup secara otomatis.
Untuk mengatur file multimedia yang dimainkan terdapat fasilitas Media Center yang cukup canggih dan lengkap serta fasilitas Playlist yang simple dan sederhana. Pada Media Center anda dapat mengatur file yang dimainkan semudah mengatur file di Windows Explorer/ My Computer, karena dukungan Drag n Drop serta tampilan jendela ganda yang tersedia.
Selain fungsi dasar untuk memainkan file multimedia, jetAudio juga memiliki kemampuan untuk Rip CD, Create Audio CD, Convert Audio/ Video, dan Record. Hampir semua file multimedia populer didukung oleh jetAudio, sebagai informasi file multimedia yang didukung antara lain mp3, wav, ogg, wma, wmv, avi, mpeg, 3gp, flv, dan masih banyak lagi. Anda pun dapat mengubah tampilan jetAudio menggunakan feature Skin.






http://www.ilmugrafis.com/after-effect.php?page=penjelasan-fungsi-tools-panel-di-after-effect
https://id.wikipedia.org/wiki/JetAudio

Subscribe your email address now to get the latest articles from us

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. Bobby Rikinaldo Siboro.
Design by Herdiansyah Hamzah - Distributed By Blogger Templates
Creative Commons License