Pages

Komputasi Paralel

Senin, 15 April 2019



Komputasi paralel merupakan Teknik komputasi menggunakan 2 atau lebih processor untuk meningkatkan performa komputasi dalam mengolah data besar/banyak. Hal ini umumnya diperlukan saat kapasitas komputasi yang diperlukan sangat besar, baik karena harus mengolah data maupun karena tuntutan proses komputasi yang banyak.


Architectural Paralel Computer


Dalam taksonomi arsitektur paralel ada dua keluarga arsitektur paralel yang banyak diterapkan adalah


Single Instruction Single Data (SISD)
 
 

Single Instruction Single Data (SISD) ini memiliki hanya satu instruksi yang dieksekusi secara serial. Komputer ini adalah tipe komputer konvensional. Menururut mereka tipe komputer ini tidak ada dalam praktik komputer paralel karena bahkan mainframe pun tidak lagi menggunakan satu processor. Klasifikasi ini sekedar untuk melengkapi definisi komputer paralel. Beberapa contoh komputer yang menggunakan model SISD adalah UNIVACI, IBM 360, CDC 7600, Cray 1 dan PDP 1.


Single Instruction Multiple Data (SIMD)



Single Instruction – Multiple Data, komputer ini memiliki lebih dari satu prosesor, tetapi hanya mengeksekusi satu instruksi secara paralel pada data yang berbeda pada level lock-step. Komputer vektor adalah salah satu komputer paralel yang menggunakan arsitektur ini. Beberapa contoh komputer yang menggunakan model SIMD adalah ILLIAC IV, MasPar, Cray X-MP, Cray Y-MP, Thingking Machine CM-2 dan Cell Processor (GPU).






Multiple Instruction Single Data ( MISD )


Terdapat beberapa processing unit yang mengeksekusi instruksi berbeda dengan data yang sama
Data mengalir ke processing unit serial

Multiple Instruction Multiple Data (MIMD)



Multiple Instructions Multiple Data, komputer ini memiliki lebih dari satu prosesor dan mengeksekusi lebih dari satu instruksi secara paralel. Tipe komputer ini yang paling banyak digunakan untuk membangun komputer paralel, bahkan banyak supercomputer yang menerapkan arsitektur ini. Beberapa komputer yang menggunakan model MIMD adalah IBM POWER5, HP/Compaq AlphaServer, Intel IA32, AMD Opteron, Cray XT3 dan IBM BG/L.

Subscribe your email address now to get the latest articles from us

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. Bobby Rikinaldo Siboro.
Design by Herdiansyah Hamzah - Distributed By Blogger Templates
Creative Commons License